Jumat, 26 Maret 2010

Opini Publik Membangun Citra Pemerintah

MAKASSAR,UPEKS-- Membangun citra pemerintah di masyarakat sangat penting. Pencitraan ini dapat didorong melalui pembentukan opini publik melalui pemberitaan media massa yang lebih konstruktif.
Direktur Departemen Komunikasi dan Informatika Direktorat Kelembagaan Komunikasi Pemerintah, Drs Subagio MS, saat ditemui disela-sela Seminar Pencitraan Pemerintah di Hotel Singgasana, Kamis (18/3), mengatakan, pencitraan kinerja pemerintah dapat diciptakan dengan prestasi.
Media dalam penyampaian pemberitaan tidak seharusnya hanya pada kasus negatif atau kenerja buruk pemerintah. Namun, juga mengangkat hasil pencapaian program kerja dan kegiatan positif lainnya.
"Terlebih saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang akan diterapkan secara umum pada 31 April mendatang. Tidak ada lagi informasi yang disembunyikan, malah instansi pemeritah harus menyediakan informasi tersebut kepada masyarakat melalui media," katanya.
"Kunci keberhasilan dalam merekayasa opini publik salah satunya adalah kerjasama dengan pihak media - media konvensional maupun media baru," kata Ahmed Kurnia Soeriawidjaja, Dosen The London School of Public Relations Jakarta, yang juga hadir sebagai pembicara dalam seminar ini.
Untuk memudahkan perolehan informasi, akan dibentuk Pejabat Pengelola Informai dan Dokumentasi (PPID) disetiap instansi pemerintah, BUMN dan organisasi lainnya di tiap Kabupaten/kota. Penunjukan pejabat ini bergantung pada penunjukan langsung gubernur atau bupati setempat.
"Melalui PPID ini, semua informasi akan dikeluarkan dan disampaikan melalui satu pintu. Jadi, informasi ini mudah diperleh, dan masyarakat atau media tidak lagi harus dipimpong dimana-mana," ungkap Subagio.

Tidak ada komentar: